Sidik Jari Untuk Deteksi Narkoba dan Bom

Dalam ilmu kepolisian sidik jari dapat digunakan untuk mengetahui penggunaan narkoba, juga bom, oleh seseorang. Teknik ini sedang dikembangkan oleh peneliti dari Sheffield Hallam University.
Penelitian ini menggunakan bubuk khusus yang bisa membaca sidik jari dari kaca, kayu, logam dan kulit. Ketika bahan pelarut disemprotkan ke bubuk tersebut, semuanya akan larut menjadi kristal yang mengandung zat-zat kimia.
Dari sini bisa dilihat apakah ada obat-obatan atau bahan peledak yang melekat di kulit.
Teknik ini dapat digunakan kepolisian untuk mengetahui apakah seseorang pernah bersentuhan dengan narkoba atau bahan peledak. Bukan hanya itu, informasi tentang perilaku dan kebiasaan seseorang juga bisa digali melalui sidik jari dari seseorang.
Sidik jari tidak hanya memuat pola guratan, tapi juga materi dari permukaan kulit dan zat-zat yang dihasilkan kelenjar. Metode yang dipakai kepolisian saat ini hanya dapat memindai pola guratan untuk kemudian dibandingkan dengan basis data untuk mencari kecocokan. "Dengankata lain , seseorang yang tidak pernah memiliki catatan kriminal biasanya akan sulit ditemukan.
Metode yang baru akan mengambil banyak gambar dari sidik jari dari permukaan yang berbeda, menggunakan teknologi yang disebut Mass Spectrometry Imaging untuk menghasilkan tanda kimiawi yang detail.
Dalam sebuah percobaan, ilmuwan bisa memastikan bahwa orang yang menjadi relawan dalam studi telah memegang kondom. Proses yang sama juga dapat mendeteksi obat-obatan yang telah dicerna.
Sumber : National Geography Indonesia

Game Terkenal

a.Karakter

Karakter dalam permainan video adalah tokoh fiksi yang dapat dimainkan oleh sang pemain. Karakter bisa bermacam-macam ditinjau dari segi permainannya ada laki-laki perempuan, manusia, robot, monster, dan lain-lain. Karakter bersifat semi permanen di mana jika kita tidak menginginkannya lagi maka dengan mudah kita bisa menghapusnya. Karakter menjadi ciri utama user dalam setiap game online.dalam kenyataan umum , karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.Karakter seperti:

  1. Pemarah
  2. Sabar
  3. Ceria
  4. Pemaaf

Dan banyak lainnya karena setiap manusia pasti mempunyai karakter yang berbeda.Manusia sebagai makhluk individu-sosialis mempunyai karakter sosial yang kuat berbeda dengan makhluk-makhluk hidup lainnya.Karakter Bisa disebut juga (Karakteristik),ataupun dalam bahasa inggris (charateristic).Untuk menunjukan ekstitensi dirinya manusia pasti mempunyai ciri khas karakter sendiri-sendiri

Karakter yang akan dibahas kali adalah karakter dalam permainan tekken

Sedikit info, yang kita tahu selama ini mungkin kalo Jin Kazama itu pemeran utama ..
tapi kalo yang maen dari Tekken 1, Jin Kazama itu belom muncul ..
yang menjadi pemeran utamanya yaitu :

Kazuya Mishima

Kazuya Mishima merupakan anak dari Heihachi Mishima dan Cucu dari Jinpachi Mishima. Dia juga merupakan Ayah dari Jin Kazama. Kazuya Menikah dengan Jun Kazuya. Kazuya juga memiliki saudara dari adopsi yang bernama Lee Chaolan. Dia juga merupakan Kakak dari Lars Alexandersson


Jin Kazama:

Jin Kazama merupaka tokoh protagonis dari serial Tekken. Jin pertama kali diperkenalkan di Tekken 3. Jin baru di ketahui ternyata memiliki saudara sepupu yaitu Asuka Kazama. Ling Xiao-Yu dan juga Hwoarang merupakan kerabat dekat Jin Kazama. Namun karena Hwoarang dan Jin Kazama di pertemukan di The King Of Iron Fist, mereka menjadi rival. Sementara Ling Xiao-Yu jatuh cinta kepada Jin


Hwoarang

Ini nih jagoan banyak orang
Hwoarang pertama muncul di Tekken 3 dan muncul di serial Tekken selanjutnya. Hwoarang merupakan murid dari Baek Doo San yang merupakan guru taekwondo. Dia juga menjadi saingan dari Jin setelah pertemuan mereka di jalan. Hwoarang menggunakan kaki lebih banyak daripada tangannya untuk bertarung.

Eddy Gordo
Eddy gordo pertama muncul di Tekken 3 sebagai penari Capoeira. Dia juga muncul di serial tekken berikutnya, Tekken 4, Tekken Tag tapi hanya sebagai pergantian kostum dari Christie Monteiro yang merupakan cucu dari gurunya Eddy yaitu Ho Chi Myong.

Marshall Law

Marshall Law pertama diperkenalkan di Tekken, dan lenyap di gantikan anaknya Forest Law. Gaya bertarung Jet Kun Doo yang di perkenalkan menyerupai gaya bertarung Bruce Lee. Marshall Law juga di kenal sebagai "The Fighting Chef".


Tekken 5 telah menurunkan tradisi dari Tekken-tekken sebelumnya yaitu "Unlocking Character" dan "Theatre Mode". Tekken 5 juga memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak kita jumpai pada Tekken sebelumnya, yaitu : "Customization".

Customization ini akan memberikan kamu kesempatan dalam berkreasi untuk membuat karakter kamu terlihat "Cool" dengan memakai berbagai item yang telah disediakan. Untuk bisa mendapatkan Item-item tersebut kamu tentu harus memiliki point yang bisa kamu kumpulkan selama bermain Tekken 5. Versi PS2 ini menyimpan semua data point dan karakter kamu kedalam Memory Card sedangkan pada versi Arcade, data-data kamu disimpan pada Game Card Tekken 5.

Berikut ini adalah kumpulan tips Tekken 5 :

  • Unlock Semua Karakter
    Tamatkan Story Mode dengan setiap karakter yang berbeda. Setiap kamu menamatkan satu karakter, maka karakter yang semula ? akan berisi karakter baru. Kamu bisa dapatkan semua karakter kecuali Devil Jin dan Eddy Gordo . Cara mendapatkan Devil Jin berbeda dengan karakter lainnya.
  • Theater Mode
    Untuk mengaktifkan Theatre Mode, kamu harus menamatkan minimal 1 karakter. Setiap karakter yang telah kamu tamatkan dapat kamu tonton lagi movienya di Theatre Mode ini. Di Theatre Mode, kamu selain bisa menonton movie tiap karakter, kamu bisa mendengarkan OST Tekken dan juga dapat melihat Trailer Tekken 5 selama di pameran E3 maupun TGS.
  • Unlock Eddy Gordo
    Eddy Gordo bisa kamu dapatkan dari menu Customize karakter Christie. Jadinya Eddy Gordo ini adalah baju extra dari Christie. Harganya adalah 500,000G (PS2) atau 400,000G (Arcade).
  • Unlock Devil Jin
    Devil Jin bisa kamu dapatkan setelah menamatkan mode "DEVIL WITHIN" atau memainkan beberapa kali Arcade Mode, VS atau Story Mode. Ada yang mengatakan kamu harus memenangkan 200 ronde.
  • Game Money (G)
    Game Money bisa kamu dapatkan setiap kali bermain Arcade Mode yang berkisar dari 800G - 4000G. Di Arcade Mode biasa akan muncul random roulette box yang akan mengalikan jumlah G yang kamu dapatkan dengan hasil roletnya.
    *Kamu juga akan mendapatkan 100.000G setiap berhasil menamatkan 1 karakter diTheatre Mode.
    *Setelah menamatkan Devil Within, kamu akan mendapatkan ekstra 1.000.000G
  • Gratis Item Customization
    Kamu bisa mendapatkan Item Gratis ketika kamu bermain mode Devil Within. yang kedua kalinya (setelah kamu menamatkannya). Item-item tersebut bisa didapatkan di game selama kamu memainkannya.
  • Menaikkan Rank dengan Cara Cepat
    Kamu harus melawan musuh kamu yang memiliki rank yang sama dengan kamu. Biasanya cukup memenangkan 3 atau 5 kali melawan musuh yang rank sama untuk menaikkan rank kamu.
    Seteleh pertarungan kamu berakhir di Arcade Mode, kamu bisa memilih 3 lawan, kamu tidak bisa selalu memilih lawan yang ranknya sama dengan kamu, tapi jika memang ada yang rank yang sama, segera pilih lawannya.
  • Cuplikan Ekstra Movie
    Kamu bisa menonton beberapa adegan tambahan spesial antar 2 karakter yang memiliki hubungan dalam cerita. Oleh kerena itu jangan terburu-buru menekan tombol 'start' ketika pertarungan dimulai .

Intallasi dan Implementasi OGRE

Installasi Ogre dalam Windows
Ogre atau object-oriented Graphics Rendering Engine adalah open source rendering engine grafik yang ditulis dan dimaintain oleh tim inti kecil. Ogre merupakan suatu aplikasi 3D yang bersifat open source. Berikut ini adalah file-file yg dibutuhkan untuk membuat aplikasi 3D dengan library OGRE3D (Object Oriented Graphics Rendering Engine) antara lain :

  • Eclipse-CPP ganymede sebagai IDE C++
  • MinGW toolbox sebagai GCC opensource compiler
  • MYSYS sebagai GNU Terminal environment
  • OGRE3D SDK sebagai rendering engine di OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox , perlu diperhatikan bahwa kita menggunakan MinGW sebagai c++ compilernya
1.Pertama install MinGW Toolbox dan setelah itu lakukan setting environment variable, misalkan anda menginstalnya di D:\mingw, maka dalam environment variable kita set path dengan nilai D:\mingw\bin

2.untuk mengecheck apakah MinGW sudah terinstall dengan benar, ketik gcc –v pada command prompt

3.kemudian install MYSYS, jalankan setup MYSYS-1.0.10, kemudian setting path seperti yang dilakukan untuk menginstall MinGW seperti gambar dibawah berikut


4.untuk mengechecknya ketikan uname –a dicommand prompt

5.selanjutnya install OGRE, kemudian setting variable seperti MinGW dan MYSYS diatas, tetapi kita membuat variabel system baru yang bernama OGRE_HOME


6.Lalu extractlah file eclipse hasil download dan jalankan file eclipse.exe dalam folder eclipse

7.Setelah itu kita buat project baru dengan menekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project, perhatikan gambar berikut :
8.Lalu selanjutnya kita akan membuat sebuah project aplikasi 3D yang memanfaatkan OGRE.
9.pilih empty project dengan toolchains MinGW

10.lalu klik project pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter

11.Arahkan kebagian C/C++ Build --> Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.

12.Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.


13.Masih pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
14.Masuk kebagian sourcecode, masukkan contoh sourcecode

15.Build project tersebut(dari sourcode yang kamu masukkan), dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg

16.Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK

17.Savelah file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release

18.Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe maka akan muncul dialog seperti ini,
>

19.Disini kita mengkonfigurasi output yang ditampilkan, tekan OK, maka hasilnya akan

Installasi Ogre dalam Ubuntu

Sebenarnya di Ubuntu Repository sudah ada Ogre3D, namun hanya terbatas pada library (pada /usr/lib/OGRE) dan development headernya (pada folder /usr/include/OGRE). Mereka disimpan pada package libogre6 dan libogre-dev. Dan juga, yang berguna, adalah dokumentasi ogre yang disimpan pada package ogre-doc

Tapi, Ubuntu tidak menyertakan Samples yang memudahkan kamu untuk mempelajari, dan terkesan, pada Ogre. Namun, menginstall Ogre dari Source pun tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu dicermati :

1. Ada library yg harus kamu download, yaitu Freeimage, OIS, dan Cg_toolkit. Kamu harus mendownload sourcesnya, dan melakukan kompilasi. Siap-siap ya dengan membaca file2 spt README, INSTALL dan sebagainya. Bagi kamu yang pemula, kamu hanya tinggal menjalankan ./configure, make dan make install. Itu aja kok, mudah. Tapi untuk jelasnya silahkan baca masing-masing petunjuk instalasi. Oh ya, kalau saat instalasi OIS,kamu disuruh menginstall beberapa paket yang dibutuhkan, install saja. Misalnya nanti kamu akan disuruh menginstall Automake dan sebagainya. Bisa kan menginstall mereka dengan sudo apt-get install ? Pastikan dulu nama packagenya dengan mencari dengan apt-search ya.
2.Untuk menjalankan Demo ini(yang diatas), kamu harus berada di folder Samples/Common/bin dan menjalankan semua file binary hasil perintah make dari situ. Contoh untuk menjalankan demo Robot ini, perintahnya adalah ../../Robot/src/Robot, tentu dari direktori /Samples/Common/bin.

Langkah utuk instalasi Ogre 3D di Ubuntu Gutsy (setidak2nya Gutsy sudah menyediakan paket libfreeimage, jadi kamu tidak perlu download dari sourcenya).
Paket yang yg belum ada di Gutsy 9klik aja untuk download-->) :
OIS dan Cg Toolkit.

Instalasi OIS
Install dulu dependency :

sudo apt-get install autoconf automake1.9 libtool libxaw6-dev build-essential

membutuhkan 63.3 MB

Kemudian mulai build

make clean # bersihkan folder objek hasil kompilasi sebelumnya
./bootstrap
./configure --disable-ogre # karena ogre yg akan memanggil ois
make
sudo make install
Instalasi Cg Toolkiet
extract Cg_toolkit, dan kopi ke /usr semuanya :
cd Cg
sudo cp usr/* /usr -R

Instalasi Ogre
Install dulu dependency :
sudo apt-get install libzzip-dev libxxf86vm-dev \
libxrandr-dev libxrandr-dev libfreeimage-dev \
libcegui-mk2-dev libfreetype6-dev libdevil-dev \
libgtk2.0-dev libcppunit-dev libglut3-dev

jalankan terlebih dahulu :
aclocal

Kemudian mulai build :
./bootstrap
./configure
make
sudo make install

Referensi :

Game Engine

Dalam kalangan gamer, istilah game engine sudah menjadi salah satu hal yang paling sering di sebutkan. Sebuah game tidak akan menjadi sebuah mahakarya jika tidak ada game engine yang mampu memberikan visual yang menggiurkan. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah game.

Game Engine adalah system perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ( “renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik. Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

OGRE. Singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine yang merupakan game engine fleksibel yang berbasis scene ditulis dengan bahasa C++ didesain agar lebih mudah dipakai oleh para developer untuk memproduksi game dan demo yang menggunakan hardware 3D. Library kelas menggambarkan semua rincian dari penggunaan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL yang menyediakan sebuah antarmuka berbasis pada objek dunia dan kelas intuitif lainnya.
Ogre ini dapat di-jalankan menggunakan beragam jenis hardware (support 3D) tentu dengan performa yang berbeda juga. Contohnya:
NVidia: Geforce2 atau lebih baru, Geforce 4(non-mx) (disarankan yang lebih baik)
ATI: Radeon 7500 or higher required, Radeon 9600 (disarankan yang lebih baik)
Library Graphic yang dapat bekerja dengan Ogre disarankan menggunakan minimal OpenGL versi 1.2.1 dan OpenGL ES 1.1. Dalam menjalankan Ogre harus memiliki dasar pemrograman yang pastinya dimiliki seorang Programer. Terutama pengetahuan dalam penggunaan Bahasa C++ akan memberikan kemudahan dalam penggunaan Engine Ogre. Sesuai tipe Ogre yang Object Oriented. Dalam penggunaanya Ogre harus menggunakan Language Binding. Beberapa diantaranya : Python-Ogre (Ogre Wrapper dengan Python), Ogre4j (Ogre Wrapper dengan Java), MOGRE (Ogre Wrapper untuk .NET – C# dab VB.NET.

Berdasar dari FAQ(Frequently Asked Question) dari Ogre 3D wiki, Ogre sebenarnya bukan Game Engine tetapi hanya merupakan Graphic Engine. Namun, Ogre 3D dapat dengan mudah disatukan dengan library lain untuk membuat game.
Library yang dibutuhkan agar kita dapat membuat game diantaranya : Sound, Networking, Input, Collision. Ogre tidak langsung dimuat dengan libarary tersebut. Meskipun Ogre memilki interface yang memudahkan pembuatan dan penggabungan dengan aplikasi yang sudah ada. Ogre tidak hanya terhenti dalam platform spesifik berdiri sendiri untuk pembuatan game.
Format file yang support dengan Ogre 3D : .bsp Quake bsp file, .shader Quake 3 shader file, .ttf True type font file, .png, .tga, .jpg, .raw, .gif, .dds (format grafis gambar), .cg Cg shader file, .asm Assembly shader file, .zip, .xml XML file, .xsd XML schema file (menunjukan beberapa file Ogre base-nya XML), .log Text output file used untuk debug dan memori.

Fitur-Fitur yang terdapat pada OGRE yaitu:
  • Desain yang berobject oriented dengan menggunakan plug-in untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
  • Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
  • Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
  • OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
  • The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis & manual.
  • Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
  • OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
  • Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
  • Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.

Referensi
  1. http://putrikero.wordpress.com/2010/03/17/game-engine/
  2. http://dio-donaika.blogspot.com/2011/03/pengertian-game-engine.html
  3. http://wllandri.blogspot.com/2010/03/sekilas-tentang-ogre-3d.html

Hubungan antara Artist dan Composser

Artist merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah tampilan atau sebentuk karakter yang akan digunakan dalam permainan yang akan dibuat. Karakter biasa digunakan sebagai objek yang akan dimainkan oleh para pemain game.
Composser merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah sound effect dari sebuah game tersebut agar tampilan suara menjadi lebih menarik dan menjadikan tampilan gambar dan suara menjadi synchron.
Keterhubungan antara Artist dan Composser
Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membahas tentang programmer dan designer. Seorang artist dan composer memiliki peranan yang tidak kalah penting dari programmer dan designer. Tentu saja, mereka juga sangat berhubungan. Setelah seorang designer menentukan konsep pembuatan game, seorang artist menentukan dan membuat karakter yang cocok dalam game tersebut. Dengan kata lain, konsep dan pembuatan karakter harus sesuai. Setelah arist dan programmer menyelesaikan tugasnya dalam pembuatan game, kemudian dilanjutkan dengan tugas seorang composer yang membuat efek sound menjadi lebih menarik. Seorang composer juga harus memperhatikan gerakan karakter yang dibuat oleh seorang artist seperti pembuatan efek-efek cahaya,efek gerakan dan lain sebagainya. Dengan tidak mengabaikan konsep awal game tersebut dan karakter game yang telah dibuat, agar tampilan game dapat menyatu.
Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design&ei=-
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer &

Hubungan antara Programmer dan Designer Game

Programmer game adalah seorang insinyur perangkat lunak yang terutama mengembangkan permainan komputer atau video. Progammer game memiliki disiplin khusus, seperti programmer grafis, programmer suara, programmer user interface, scripters game dan banyak lainnya. Semua profil akan menganggap dirinya sebagai "programmer permainan". Seorang programmer permainan tidak harus bingung dengan desainer game. Sementara banyak game desainer juga programer jarang untuk satu orang untuk melakukan keduanya dalam pengembangan game modern. Game pemrograman, bagian dari pengembangan game , adalah program dari komputer , konsol atau arcade game. Meskipun sering terlibat dalam oleh profesional programmer game , banyak siswa bisa memprogram game sebagai hobi Beberapa rekayasa perangkat lunak siswa program game sebagai latihan untuk belajar bahasa pemrograman atau sistem operasi.
Designer Game , subset pengembangan game , adalah proses merancang isi dan aturan sebuah permainan dalam tahap pra-produksi dan desain gameplay, lingkungan, dan alur cerita, karakter selama tahap produksi. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan kedua desain game yang terkandung dalam permainan serta dokumentasi yang menggambarkan seperti desain-desain game membutuhkan kompetensi teknis dan artistik serta keterampilan menulis.
Keterkaitan Programmer dan Designer

Dalam pembuatan game, seorang programmer dan designer memiliki peranan yang sangat penting. Hal itu dikarenakan, programmer dan designer saling berhubungan. Programmer dalam game bertugas sebagai pencipta jalannya suatu game atau dengan kata lain programmer adalah seseorang yang melakukan pemrograman pada game tersebut agar game tersebut dapat beroperasi dengan baik atau sesuai keinginan. Selain itu, programmer tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya designer game. Karena sebelum program game itu dijalankan, seorang designerlah yang menentukan bagaimana tampilan game yang akan dibuat. begitu pula sebaliknya. Seorang designer game tidak dapat membuat game tanpa adanya seorang programmer. Karena designer hanya bertugas untuk membuat konsep game tersebut.
Melihat pembahasan di atas tentu saja pembuatan game tidak dapat dilakukan seorang diri. Butuh kerjasama team yang solid agar game dapat tercipta dengan baik dan diminati banyak kalangan masyarakat.

Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design&ei=-
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer &

Orang-orang yang ahli dalam pembuatan game

Untuk menciptakan sebuah game diperlukan keahlian tertentu yang dimiliki oleh orang yang ahli dalam bidangnya. Orang-orang yang ahli dalam pembuatan game dapat dikatakan team yang terdiri dari beberapa orang. Antara lain :
1. Programmer game
2. Artist
3. Composser
4. Designer
Orang-orang tersebut memiliki peranan penting dalam pembuatan game. Tergantung dengan keahliannya masing-masing.
Programmer game adalah seorang insinyur perangkat lunak yang terutama mengembangkan permainan komputer atau video. Progammer game memiliki disiplin khusus, seperti programmer grafis, programmer suara, programmer user interface, scripters game dan banyak lainnya. Semua profil akan menganggap dirinya sebagai "programmer permainan". Seorang programmer permainan tidak harus bingung dengan desainer game. Sementara banyak game desainer juga programer jarang untuk satu orang untuk melakukan keduanya dalam pengembangan game modern. Game pemrograman, bagian dari pengembangan game , adalah program dari komputer , konsol atau arcade game. Meskipun sering terlibat dalam oleh profesional programmer game , banyak siswa bisa memprogram game sebagai hobi Beberapa rekayasa perangkat lunak siswa program game sebagai latihan untuk belajar bahasa pemrograman atau sistem operasi.
Artist merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah tampilan atau sebentuk karakter yang akan digunakan dalam permainan yang akan dibuat. Karakter biasa digunakan sebagai objek yang akan dimainkan oleh para pemain game.
Composser merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah sound effect dari sebuah game tersebut agar tampilan suara menjadi lebih menarik dan menjadikan tampilan gambar dan suara menjadi synchron.
Designer Game , subset pengembangan game , adalah proses merancang isi dan aturan sebuah permainan dalam tahap pra-produksi dan desain gameplay, lingkungan, dan alur cerita, karakter selama tahap produksi. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan kedua desain game yang terkandung dalam permainan serta dokumentasi yang menggambarkan seperti desain-desain game membutuhkan kompetensi teknis dan artistik serta keterampilan menulis.
Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design&ei=-
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer &