Karakter dalam permainan video adalah tokoh fiksi yang dapat dimainkan oleh sang pemain. Karakter bisa bermacam-macam ditinjau dari segi permainannya ada laki-laki perempuan, manusia, robot, monster, dan lain-lain. Karakter bersifat semi permanen di mana jika kita tidak menginginkannya lagi maka dengan mudah kita bisa menghapusnya. Karakter menjadi ciri utama user dalam setiap game online.dalam kenyataan umum , karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.Karakter seperti:
- Pemarah
- Sabar
- Ceria
- Pemaaf
Dan banyak lainnya karena setiap manusia pasti mempunyai karakter yang berbeda.Manusia sebagai makhluk individu-sosialis mempunyai karakter sosial yang kuat berbeda dengan makhluk-makhluk hidup lainnya.Karakter Bisa disebut juga (Karakteristik),ataupun dalam bahasa inggris (charateristic).Untuk menunjukan ekstitensi dirinya manusia pasti mempunyai ciri khas karakter sendiri-sendiri
Karakter yang akan dibahas kali adalah karakter dalam permainan tekken
Kazuya Mishima
Kazuya Mishima merupakan anak dari Heihachi Mishima dan Cucu dari Jinpachi Mishima. Dia juga merupakan Ayah dari Jin Kazama. Kazuya Menikah dengan Jun Kazuya. Kazuya juga memiliki saudara dari adopsi yang bernama Lee Chaolan. Dia juga merupakan Kakak dari Lars Alexandersson
Jin Kazama:
Jin Kazama merupaka tokoh protagonis dari serial Tekken. Jin pertama kali diperkenalkan di Tekken 3. Jin baru di ketahui ternyata memiliki saudara sepupu yaitu Asuka Kazama. Ling Xiao-Yu dan juga Hwoarang merupakan kerabat dekat Jin Kazama. Namun karena Hwoarang dan Jin Kazama di pertemukan di The King Of Iron Fist, mereka menjadi rival. Sementara Ling Xiao-Yu jatuh cinta kepada Jin
Hwoarang



Tekken 5 telah menurunkan tradisi dari Tekken-tekken sebelumnya yaitu "Unlocking Character" dan "Theatre Mode". Tekken 5 juga memiliki beberapa fitur tambahan yang tidak kita jumpai pada Tekken sebelumnya, yaitu : "Customization".
Customization ini akan memberikan kamu kesempatan dalam berkreasi untuk membuat karakter kamu terlihat "Cool" dengan memakai berbagai item yang telah disediakan. Untuk bisa mendapatkan Item-item tersebut kamu tentu harus memiliki point yang bisa kamu kumpulkan selama bermain Tekken 5. Versi PS2 ini menyimpan semua data point dan karakter kamu kedalam Memory Card sedangkan pada versi Arcade, data-data kamu disimpan pada Game Card Tekken 5.
Berikut ini adalah kumpulan tips Tekken 5 :
- Unlock Semua Karakter
Tamatkan Story Mode dengan setiap karakter yang berbeda. Setiap kamu menamatkan satu karakter, maka karakter yang semula ? akan berisi karakter baru. Kamu bisa dapatkan semua karakter kecuali Devil Jin dan Eddy Gordo . Cara mendapatkan Devil Jin berbeda dengan karakter lainnya. - Theater Mode
Untuk mengaktifkan Theatre Mode, kamu harus menamatkan minimal 1 karakter. Setiap karakter yang telah kamu tamatkan dapat kamu tonton lagi movienya di Theatre Mode ini. Di Theatre Mode, kamu selain bisa menonton movie tiap karakter, kamu bisa mendengarkan OST Tekken dan juga dapat melihat Trailer Tekken 5 selama di pameran E3 maupun TGS. - Unlock Eddy Gordo
Eddy Gordo bisa kamu dapatkan dari menu Customize karakter Christie. Jadinya Eddy Gordo ini adalah baju extra dari Christie. Harganya adalah 500,000G (PS2) atau 400,000G (Arcade). - Unlock Devil Jin
Devil Jin bisa kamu dapatkan setelah menamatkan mode "DEVIL WITHIN" atau memainkan beberapa kali Arcade Mode, VS atau Story Mode. Ada yang mengatakan kamu harus memenangkan 200 ronde. - Game Money (G)
Game Money bisa kamu dapatkan setiap kali bermain Arcade Mode yang berkisar dari 800G - 4000G. Di Arcade Mode biasa akan muncul random roulette box yang akan mengalikan jumlah G yang kamu dapatkan dengan hasil roletnya.
*Kamu juga akan mendapatkan 100.000G setiap berhasil menamatkan 1 karakter diTheatre Mode.
*Setelah menamatkan Devil Within, kamu akan mendapatkan ekstra 1.000.000G - Gratis Item Customization
Kamu bisa mendapatkan Item Gratis ketika kamu bermain mode Devil Within. yang kedua kalinya (setelah kamu menamatkannya). Item-item tersebut bisa didapatkan di game selama kamu memainkannya. - Menaikkan Rank dengan Cara Cepat
Kamu harus melawan musuh kamu yang memiliki rank yang sama dengan kamu. Biasanya cukup memenangkan 3 atau 5 kali melawan musuh yang rank sama untuk menaikkan rank kamu.
Seteleh pertarungan kamu berakhir di Arcade Mode, kamu bisa memilih 3 lawan, kamu tidak bisa selalu memilih lawan yang ranknya sama dengan kamu, tapi jika memang ada yang rank yang sama, segera pilih lawannya. - Cuplikan Ekstra Movie
Kamu bisa menonton beberapa adegan tambahan spesial antar 2 karakter yang memiliki hubungan dalam cerita. Oleh kerena itu jangan terburu-buru menekan tombol 'start' ketika pertarungan dimulai .
- Eclipse-CPP ganymede sebagai IDE C++
- MinGW toolbox sebagai GCC opensource compiler
- MYSYS sebagai GNU Terminal environment
- OGRE3D SDK sebagai rendering engine di OGRE SDK for Code::Blocks + MinGW C++ Toolbox , perlu diperhatikan bahwa kita menggunakan MinGW sebagai c++ compilernya

3.kemudian install MYSYS, jalankan setup MYSYS-1.0.10, kemudian setting path seperti yang dilakukan untuk menginstall MinGW seperti gambar dibawah berikut
5.selanjutnya install OGRE, kemudian setting variable seperti MinGW dan MYSYS diatas, tetapi kita membuat variabel system baru yang bernama OGRE_HOME
7.Setelah itu kita buat project baru dengan menekan alt+shift+n lalu pilihlah C++ Project, perhatikan gambar berikut :
9.pilih empty project dengan toolchains MinGW
10.lalu klik project pada bagian project explorer lalu tekan alt+enter
11.Arahkan kebagian C/C++ Build --> Settings, Klik Manage Configurations lalu klik baris Release dan tekan Set Active dan klik OK.
12.Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
15.Build project tersebut(dari sourcode yang kamu masukkan), dan masuk kedalam direkori OgreSDK\bin\release lalu buka file resource.cfg
16.Ganti bagian ../../../ dengan fullpath lokasi OgreSDK
17.Savelah file tersebut, lalu copy semua isi direktori OgreSDK\bin\release kedalam workspace project anda khusunya direkori nama_workspace\nama_project\Release
18.Masuk ke direktori nama_workspace\nama_project\Release, jalankan file executablenya biasanya nama_project.exe maka akan muncul dialog seperti ini,
19.Disini kita mengkonfigurasi output yang ditampilkan, tekan OK, maka hasilnya akan
Tapi, Ubuntu tidak menyertakan Samples yang memudahkan kamu untuk mempelajari, dan terkesan, pada Ogre. Namun, menginstall Ogre dari Source pun tidak mudah. Ada beberapa hal yang perlu dicermati :
1. Ada library yg harus kamu download, yaitu Freeimage, OIS, dan Cg_toolkit. Kamu harus mendownload sourcesnya, dan melakukan kompilasi. Siap-siap ya dengan membaca file2 spt README, INSTALL dan sebagainya. Bagi kamu yang pemula, kamu hanya tinggal menjalankan ./configure, make dan make install. Itu aja kok, mudah. Tapi untuk jelasnya silahkan baca masing-masing petunjuk instalasi. Oh ya, kalau saat instalasi OIS,kamu disuruh menginstall beberapa paket yang dibutuhkan, install saja. Misalnya nanti kamu akan disuruh menginstall Automake dan sebagainya. Bisa kan menginstall mereka dengan sudo apt-get install ? Pastikan dulu nama packagenya dengan mencari dengan apt-search ya.
Langkah utuk instalasi Ogre 3D di Ubuntu Gutsy (setidak2nya Gutsy sudah menyediakan paket libfreeimage, jadi kamu tidak perlu download dari sourcenya).
Paket yang yg belum ada di Gutsy 9klik aja untuk download-->) : OIS dan Cg Toolkit.
Instalasi OIS
Install dulu dependency :
sudo apt-get install autoconf automake1.9 libtool libxaw6-dev build-essential
membutuhkan 63.3 MB
Kemudian mulai build
make clean # bersihkan folder objek hasil kompilasi sebelumnya
./bootstrap
./configure --disable-ogre # karena ogre yg akan memanggil ois
make
sudo make install
Instalasi Cg Toolkiet
extract Cg_toolkit, dan kopi ke /usr semuanya :
cd Cg
sudo cp usr/* /usr -R
Instalasi Ogre
Install dulu dependency :
sudo apt-get install libzzip-dev libxxf86vm-dev \
libxrandr-dev libxrandr-dev libfreeimage-dev \
libcegui-mk2-dev libfreetype6-dev libdevil-dev \
libgtk2.0-dev libcppunit-dev libglut3-dev
jalankan terlebih dahulu :
aclocal
Kemudian mulai build :
./bootstrap
./configure
make
sudo make install
- Desain yang berobject oriented dengan menggunakan plug-in untuk mempermudah memasukkan fitur lainnya.
- Engine berbasis scane graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree, BSP, & Paging Landscape scene manager.
- Multi-platform dengan dukungan OpenGL & Direct3D. Bisa merender konten yang sama di beda platform tanpa harus mempunyai content creator. Dapat diakses pada platform Linux, Mac OS X, dan semua versi Windows.
- OGRE mendukung program Vertex dan Fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan assembler.
- The landscape scene manager untuk Progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara otomatis & manual.
- Engine animasi yang mensuport penuh untuk multiple hardware.
- OGRE mempunyai comositing manager dengan bahasa script dan full screen postprocessing untuk efek seperti HDR, blooming, satruation, brightness, blurring, & noise.
- Libraries mempunyai fitur memory debugging & loading resource dari archive-nya.
- Tersedia konten tools untuk 3D modeler, seperti 3D Studio Max, Maya, Blender, LightWare, Milkshape, Sketchup, dsb.
- http://putrikero.wordpress.com/2010/03/17/game-engine/
- http://dio-donaika.blogspot.com/2011/03/pengertian-game-engine.html
- http://wllandri.blogspot.com/2010/03/sekilas-tentang-ogre-3d.html
Composser merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah sound effect dari sebuah game tersebut agar tampilan suara menjadi lebih menarik dan menjadikan tampilan gambar dan suara menjadi synchron.
Keterhubungan antara Artist dan Composser
Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membahas tentang programmer dan designer. Seorang artist dan composer memiliki peranan yang tidak kalah penting dari programmer dan designer. Tentu saja, mereka juga sangat berhubungan. Setelah seorang designer menentukan konsep pembuatan game, seorang artist menentukan dan membuat karakter yang cocok dalam game tersebut. Dengan kata lain, konsep dan pembuatan karakter harus sesuai. Setelah arist dan programmer menyelesaikan tugasnya dalam pembuatan game, kemudian dilanjutkan dengan tugas seorang composer yang membuat efek sound menjadi lebih menarik. Seorang composer juga harus memperhatikan gerakan karakter yang dibuat oleh seorang artist seperti pembuatan efek-efek cahaya,efek gerakan dan lain sebagainya. Dengan tidak mengabaikan konsep awal game tersebut dan karakter game yang telah dibuat, agar tampilan game dapat menyatu.
Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design&ei=-
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer &
Designer Game , subset pengembangan game , adalah proses merancang isi dan aturan sebuah permainan dalam tahap pra-produksi dan desain gameplay, lingkungan, dan alur cerita, karakter selama tahap produksi. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan kedua desain game yang terkandung dalam permainan serta dokumentasi yang menggambarkan seperti desain-desain game membutuhkan kompetensi teknis dan artistik serta keterampilan menulis.
Keterkaitan Programmer dan Designer
Dalam pembuatan game, seorang programmer dan designer memiliki peranan yang sangat penting. Hal itu dikarenakan, programmer dan designer saling berhubungan. Programmer dalam game bertugas sebagai pencipta jalannya suatu game atau dengan kata lain programmer adalah seseorang yang melakukan pemrograman pada game tersebut agar game tersebut dapat beroperasi dengan baik atau sesuai keinginan. Selain itu, programmer tidak dapat berjalan sendiri tanpa adanya designer game. Karena sebelum program game itu dijalankan, seorang designerlah yang menentukan bagaimana tampilan game yang akan dibuat. begitu pula sebaliknya. Seorang designer game tidak dapat membuat game tanpa adanya seorang programmer. Karena designer hanya bertugas untuk membuat konsep game tersebut.
Melihat pembahasan di atas tentu saja pembuatan game tidak dapat dilakukan seorang diri. Butuh kerjasama team yang solid agar game dapat tercipta dengan baik dan diminati banyak kalangan masyarakat.
Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design&ei=-
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer &
1. Programmer game
2. Artist
3. Composser
4. Designer
Orang-orang tersebut memiliki peranan penting dalam pembuatan game. Tergantung dengan keahliannya masing-masing.
Programmer game adalah seorang insinyur perangkat lunak yang terutama mengembangkan permainan komputer atau video. Progammer game memiliki disiplin khusus, seperti programmer grafis, programmer suara, programmer user interface, scripters game dan banyak lainnya. Semua profil akan menganggap dirinya sebagai "programmer permainan". Seorang programmer permainan tidak harus bingung dengan desainer game. Sementara banyak game desainer juga programer jarang untuk satu orang untuk melakukan keduanya dalam pengembangan game modern. Game pemrograman, bagian dari pengembangan game , adalah program dari komputer , konsol atau arcade game. Meskipun sering terlibat dalam oleh profesional programmer game , banyak siswa bisa memprogram game sebagai hobi Beberapa rekayasa perangkat lunak siswa program game sebagai latihan untuk belajar bahasa pemrograman atau sistem operasi.
Artist merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah tampilan atau sebentuk karakter yang akan digunakan dalam permainan yang akan dibuat. Karakter biasa digunakan sebagai objek yang akan dimainkan oleh para pemain game.
Composser merupakan orang yang bertugas untuk membuat sebuah sound effect dari sebuah game tersebut agar tampilan suara menjadi lebih menarik dan menjadikan tampilan gambar dan suara menjadi synchron.
Designer Game , subset pengembangan game , adalah proses merancang isi dan aturan sebuah permainan dalam tahap pra-produksi dan desain gameplay, lingkungan, dan alur cerita, karakter selama tahap produksi. Istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan kedua desain game yang terkandung dalam permainan serta dokumentasi yang menggambarkan seperti desain-desain game membutuhkan kompetensi teknis dan artistik serta keterampilan menulis.
Referensi
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_design&ei=-
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer &